ChandraMMSI

November 26th, 2009

7 Tips dalam membeli Netbook

Posted by chandrammsi in IT banget

Laptop-mini atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan netbook — nama yang diciptakan oleh Intel — semakin populer saja. Bentuknya yang terbilang kecil, beratnya yang ringan serta fungsinya yang ‘tidak kalah’ dengan laptop menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang untuk membelinya.

Netbook cukup diminati karena menawarkan koneksi internet secara wireless dan harganya yang terbilang lebih murah dibandingkan laptop. Berat sebuah netbook rata-rata adalah 1 kg dengan baterai yang bisa bertahan sampai 8 jam pemakaian. Kebanyakan netbook memiliki layar LCD (8 inch-10 inch) dan harganya berkisar dari $199 – $799.

Bagi yang hendak membeli netbook pertamanya ada baiknya membaca tips-tips dibawah ini terlebih dahulu.

1. Pastikan anda ingin membeli netbook bukan notebook

Sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika memang anda menginginkan sebuah perangkat yang ringan, mudah dibawa-bawa dan dapat dikoneksikan ke internet dengan cepat untuk kegiatan surfing, cek email, chating atau lainnya maka itulah yang akan anda dapatkan dari sebuah netbook tapi apabila anda menginginkan sebuah perangkat yang lebih ‘kuat’ seperti untuk dipakai bermain game seharian, untuk keperluan desain grafis maka pilihlah notebook. Komponen dalam netbook seperti mikroprosesor sedikit lebih lemah dibanding mikroprosesor yang tertanam dalam sebuah notebook.

Jangan membeli sebuah netbook jika yang anda butuhkan adalah sebuah notebook karena itu adalah suatu kesalahan.

2. Beli netbook yang layarnya berukuran 8.9 inch atau lebih besar

Netbook dikenal dengan ukurannya yang kecil tapi jika anda memilih netbook yang memiliki layar yang berukuran dibawah 8.9 inch maka bersiap saja untuk menghadapi ‘ketidaknyamanan’. Layar yang terlalu kecil akan membutuhkan ekstra penglihatan anda dalam melihat tampilan sebuah web karena anda harus meng-scroll layar agar tampilannya nyaman.

3. Pastikan anda mendapatkan baterai 6-cell meskipun itu membutuhkan biaya tambahan

Lebih tahan lama, itulah yang anda dapatkan ketika anda menggunakan baterai 6-cell untuk netbook anda. Pilih netbook yang memiliki baterai 6-cell atau jika tidak ada secara default maka minta agar baterai 3-cell (bertahan hanya 2-3 jam) yang ada ditukar dengan baterai 6-cell meskipun anda harus merogoh kocek lagi.

4. Coba keyboardnya terlebih dahulu

Bentuk keyboard yang enak akan membuat anda nyaman dalam mengetik. Ada baiknya anda mencoba dahulu keyboard sebuah netbook yang ingin dibeli apakah bentuk keyboardnya membuat anda ‘nyaman’ ketika mengetik, hal ini karena masing-masing netbook memiliki bentuk keyboard yang tidak sama yang disesuaikan dengan desain netbooknya itu sendiri.

5. Software

Ketika anda membeli sebuah netbook umumnya sudah terinstal satu sistem operasi. Ada beberapa sistem operasi yang biasa digunakan di netbook seperti Linux, XP atau Vista. Netbook yang terinstal Linux akan lebih cepat dibandingkan netbook yang terinstal XP ataupun Vista. Dan anda tidak perlu khawatir karena di Linux anda juga dapat menginstal aplikasi untuk Office dan aplikasi lainnya.

6. Harga

Salah satu alasan anda untuk membeli netbook karena harganya yang lebih murah bukan dibanding notebook? Oleh sebab itu jika ada sebuah netbook dengan harga diatas $500 mungkin sebaiknya anda lupakan saja dan berpikir untuk membeli sebuah notebook yang dengan harga diatas $500 sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik

7. Ikuti perkembangan netbook

Para pembuat netbook berlomba-lomba membuat netbook sehingga netbook tipe-tipe terbaru bermunculan. Eee PC 1000H dari Asustek, IdeaPad S10 dari Lenovo, N10JC dari Asus, Inspiron Mini 9 dari Dell, Mini 1000 dari HP, Wind U100 dari MSI dan M912 dari Giga-byte Technology adalah sejumlah tipe-tipe netbook yang ada saat ini dengan harga dan fiturnya yang bervariasi. Ikuti selalu perkembangan netbook karena netbook bukan cuma Eee PC dari Asus atau Aspire One dari Acer saja

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad: