ChandraMMSI

November 25th, 2009

Mengetahui Pelanggan Web

Posted by chandrammsi in IT banget

Membangun sebuah web is easy ? Well, secara tecnical maybe ya, tapi begitu membaca sebuah buku I suprised. Sebelum saya sudah mengetahui web is not just a web. Kita bisa gunakan web untuk meningkatkan profit si empunya web, jika empunya web adalah sebuah perusahaan. Mungkin sebelum jauh melangkah untuk menaikkan profit sebuah company ada baiknya kita mengetahui dulu siapa pelanggan web kita.

Persepsi pertama yang harus kita ketahui dalam membangun sebuah web adalah siapa pelanggan kita, siapa visitor yang mengakses web kita, dari mana mereka datang, dari kelompok apa mereka datang atau informasi apa yang mereka cari dari web kita.

What a jobs for a web manager atau web devekoper. Hal ini jadi ruimit karena setidaknya kita memiliki dua tipe visitor, pertama user local yang rajin mengikuti perkembangan layanan web kita dan user guest yang bertamu sewaktu-waktu tergantung kepentingan mereka. Jadi bagaimana cara melayani kedua pelanggan ini? Well in my opinion, web itu seperti etalase toko yang memajang apa saja yang kita jual. Give all we have and impress them with it.

Mengetahui informasi apa yang dibutuhkan oleh visitor merupakan salah satu strategi penting. Salah satu cara untuk mengetahui apa yang visitor inginkan, dokumen manan yang memiliki hit yang paling tinggi, seberapa sering mereka mengakses web kita, dari mana atau kelompok apa mereka berasal atau informasi lainnya adalah lewat analisis trafik atau traffic analysis.

Analysis trafik merupakan teknik evaluasi log server atas akses yang terjadi dari waktu ke waktu. Analisis ini mengumpulkan informasi dari sisi klien dalam bentuk record log. Dari sinilah kita dapat menganalisa semua pertanyaan di atas.

Secara default, WWW umumnya mengoleksi record-record tersebut dalam sebuah file yang disebut acces log. File tersebut berbentuk text file dan dapat dibaca langsung.

So for web manager selamat berjuang memperjuangkan web kalian agar web not only a web.

Referensi :

Manajemen Website dan WWW Server oleh Rahmat Rafiudin

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad: