ChandraMMSI

November 17th, 2009

Simple Knowledge Management Practice

Posted by chandrammsi in IT banget

Fokus knowledge management adalah bagaimana seseorang atau sebuah institusi bisa memenangkan sebuah kompetisi atau persaingan karena orang atau institusi tersebut memiliki pengetahuan yang lebih baik daripada pesaingnya. Persaingan bisa dimenangkan karena orang atau institusi tersebut dapat mengelola pengetahuan yang dimilikinya dengan baik.

Atas dasar kesadaran inilah maka pada masa sekarang ini banyak institusi yang mulai mengumpulkan, mengelola, membagikan dan menganalisa pengetahuan yang mereka miliki sebagai alat mereka untuk memenangkan persaingan dengan pesaing mereka.

Selama ini knowledge mangement dipandang sebagai sebuah teknologi yang “wah” yang bisa mengumpulkan berbagai knowledge yang terlibat dari sebuah institusi. Padahal sebenarnya knowledge management berangkat dari kebiasaan setiap orang untuk mendokumentasikan apa yang orang tersebut miliki dan bagaimana solve the problem.

Knowledge management bisa dimulai dengan cara membentuk kebiasaan kecil di dalam institusi yang nantinya diharapkan bisa menjadi sebuah budaya. Ini adalah sebuah langkah kecil dalam membentuk sebuah sistem knowledge management.

Beberapa cara mudah untuk memulai simple knowledge system adalah :

  1. Manage file-file yang dimiliki, baik itu soft copy atau hard copy
  2. Catat solusi untuk setiap permasalahan baru yang ada.

Referensi :

  1. ilmukomputer.com
  2. http://romisatriawahono.net/2008/05/06/knowledge-management-dan-kiat-praktisnya/

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad: