ChandraMMSI

December 17th, 2009

Hang vs lambat

Posted by chandrammsi in IT banget

Banyak faktor penyebab hang ataupun lambat, antara lain yang sering terjadi karena :

* virus
* memory kurang
* Anti Virus
* Processor tidak sebanding dengan kinerja
* Harddisk kurang

Hal pertama adalah virus, ada beberapa virus yang selalu menduplikasi diri sehingga file kita menjadi banyak bisa beberapa kali lipat, dimana harddisk akan menjadi overload space, dimana virtual memory sanyat minim sehingga OS kita menjadi lambat, ada hubungan juga dengan ukuran harddisk yang terlalu kecil. Untuk ukuran harddisk akan dibahas di kemudian hari khusus mengenai setting mempercepat windows.

Memory kurang bisa juga mempengaruhi, kita bisa lihat dengan menekan CTRL+ALT+Del akan muncul memory usage ( termasuk dengan virtual memory), ideal nya adalah memory tidak diatas 75% untuk waktu yang lama, bila hanya sesekali >75% adalah wajar. Silahkan upgrade memory untuk mendapatkan kecepatan lagi.

Antivirus terkadang juga dapat membuat kinerja kompute menjadi lambat, hal ini terjadi karena semua yang kita klik akan di scan atau di cek terlebih dahulu. Hal terbaik adalah scan semua harddisk , dan matikan automatic run untuk antivirus, karena selama kita menge-tik, atau buka data akan di scan, contoh kita membuka applikasi yang sama 30x dalam 1 hari , maka applikasi tersebut akan di scan sebanyak 30x. Alangkah baiknya bila di scan cukup pagi hari 1x bukan

Untuk permasalahan yang lain dikarenakan hardware, solusi terbaik adalah upgrade hardware anda.

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad: